Klinik Apollo, Jakarta – Kondiloma akuminata merupakan benjolan yang dapat tumbuh di bagian tubuh manusia, salah satunya selangkangan. Lantas kutil di selangkangan apakah berbahaya? Pertanyaan di atas, mungkin menjadi salah satu pertanyaan mengenai kutil yang sering diutarakan.

Hal tersebut wajar saja karena tidak ada yang menginginkan benjolan mirip kembang kol dengan sensasi gatal ini memenuhi anggota tubuhnya.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah penjelasan dari pertanyaan kutil di selangkangan apakah berbahaya. Dengan artikel ini, Anda dapat mmpraktikkan unsur-unsur yang ada pada pembahasan kali ini.

Penyebab Kutil yang Muncul di Selangkangan

Penuh Kutil di Selangkangan, Apakah Berbahaya?
Img: klinikapollojakarta.com
Kutil yang muncul di selangkangan umumnya dipicu oleh infeksi human papillomavirus atau HPV. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui sentuhan dengan kulit yang terkontaminasi atau melalui kontak dengan benda-benda yang terpapar virus.

Beberapa benda yang terkontaminasi virus HPV, mungkin seperti jarum, handuk, pakaian, alat cukur, gunting kuku, atau batu apung. Oleh karena itu, jangan sampai menggunakan barang milik pengidap kutil atau infeksi menular seksual lainnya.

Mengenai kutil di selangkangan apakah berbahaya, hal tersebut tentu tergantung dari tingkat keparahannya. Meskipun bukan kondisi yang serius, kutil dapat menyebar kepada orang lain.

Laki-laki maupun perempuan, kedua jenis kelamin tersebut dapat diinfeksi virus kutil. Akan tetapi, infeksi lebih rentan terhadap orang-orang dengan kebiasaan yang berisiko.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena infeksi virus HPV dan munculnya kutil di selangkangan antara lain:

  • Berhubungan seksual tanpa perantara, seperti kondom. Tanpa kondom, virus menjadi lebih mudah untuk masuk ke tempat yang sering dijamah.
  • Stres atau mengonsumsi obat-obatan yang menurunkan kekebalan tubuh.
  • Tidak membersihkan bagian tubuh yang lembap, seperti selangkangan sehingga memancing virus untuk menumbuhkan tonjolan di area tersebut.
  • Sering memakai barang-barang yang terpapar HPV.
  • Senang berganti-ganti orang dan menjadikannya sebagai pasangan seksual.

Penting untuk selalu memerhatikan segala aktivitas yang Anda kerjakan, terlebih yang berkaitan dengan seksualitas.

Bahaya Kutil di Selangkangan

Kutil yang tumbuh di selangkangan bisa menjadi masalah yang mengganggu dan menyebakan ketidaknyamanan. Keberadaan benjolan yang muncul di kunci paha bisa membuat kulit rentan terhadap infeksi bakteri sekunder.

Bakteri dapat masuk dan menyebabkan infeksi pada kulit yang terkena apabila kutil terluka atau teriritasi. Daerah selangkangan, termasuk bagian tubuh yang sering tergesek pakaian yang kita kenakan.

Apabila timbul kutil kelamin di area tersebut, kutil akan terluka dan menimbulkan rasa sakit pada pengidapnya. Jika terus-menerus terinfeksi, penderita akan cemas, khawatir, hingga stres. Perilaku yang menurun drastis seperti itu akan membuat pengalaman seksual menjadi tidak optimal.

Penderita tidak lagi bersemangat saat berhubungan seksual. Solusi dari penderitaan tersebut adalah pengobatan. Dokter dapat mengobati kutil yang tumbuh baik di kelamin, telapak tangan, telapak kaki, maupun selangkangan.

Jika ingin benar-benar menghilangkan kutil, sebaiknya lakukan operasi atau pembedahan. Sebagai tambahan informasi, kutil di selangkangan umumnya tidak berkembang menjadi kanker.

Akan tetapi, beberapa jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin juga dapat meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita dan kanker anus pada pria dan wanita.

Demikian pembahasan yang terkait dengan pertanyaan kutil di selangkangan apakah berbahaya. Jika Anda terinfeksi HPV, jangan ragu untuk berkonsultasi. Tanyakan gangguan yang Anda rasakan kepada dokter di Klinik Apollo.

Sumber: Klinik Apollo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama