Klinik Apollo, Jakarta – Apa ciri-ciri kutil yang akan sembuh? Kira-kira, begitulah pertanyaan dari para penderitanya yang telah melaksanakan serangkaian pengobatan. Mereka ingin pulih dari kondisi yang mungkin membuat malu atau menghilangkan kepercayaan diri.

Berbicara mengenai kutil, kutil sendiri adalah tonjolan yang muncul akibat paparan virus dan biasanya menyerang permukaan kulit, seperti yang ada di kelamin. Dengan berbagai perawatan yang tepat, kutil bisa sembuh dan pengidap terjaga dari komplikasinya.

Berikut adalah lima ciri-ciri kutil yang akan sembuh, informasi dalam artikel ini perlu Anda ketahui untuk mengantisipasi fenomena medis tersebut.

Apa Sajakah Ciri-Ciri Kutil (Kondiloma Akuminata) yang Akan Sembuh?

5 Ciri-Ciri Kutil (Kondiloma Akuminata) yang Akan Sembuh
Img: klinikapollojakarta.com
Kutil memiliki banyak penyebab yang memunculkannya, salah satunya ialah Human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan kondiloma akuminata. Kondiloma akuminata merupakan istilah yang mengacu pada pertumbuhan kutil di kelamin pria ataupun wanita.

Infeksi ini sangat berbahaya karena menyusahkan penderita dengan benjolan yang bervariasi. Variasi kutil yang muncul di organ genital meliputi warna, bentuk, dan kondisinya. Kondisi yang dimaksud di sini adalah kutil bisa tumbuh secara tunggal maupun berkelompok.

Benjolan dengan warna yang menyerupai kulit manusia atau daging ini termasuk dalam penyakit menular seksual. Tentu saja, virus HPV terpicu oleh aktivitas intim (berhubungan seks) tanpa kondom.

Ketika terinfeksi, kutil akan tumbuh, bisa di penis, vagina, skrotum, anus, atau mulut. Jika melakukan hubungan intim melalui mulut, tonjolan berpotensi muncul di area tersebut. Apabila sering berhubungan intim melalui lubang pelepasan, kutil  dapat tumbuh di sekitar anus.

Orang yang terpapar HPV dari pasangannya, kemudian terkena gejala HPV, seperti tumbuhnya kutil di organ kemaluan, jangan khawatir. Kondiloma akuminata bisa disembuhkan dengan pengobatan topikal, obat resep, ataupun prosedur kecil.

Kutil kelamin akan sembuh dalam waktu 1 hingga 3 minggu dengan pengobatan yang tepat, dan ciri-ciri dari kondisi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran kutil akan menyusut dari besar menjadi semakin kecil hingga menghilang secara total.
  • Warna kutil yang semula menyerupai daging atau kulit, perlahan mulai memudar.
  • Benjolan mulai mengering dan membentuk kerak di permukaannya.
  • Gejala yang berupa gatal atau nyeri mulai mereda.
  • Kutil yang semula terinfeksi, berubah menjadi tonjolan yang tampak normal.

Ingatlah bahwa setiap penderita memiliki pengalaman yang berbeda terkait dengan lima ciri-ciri kutil yang akan sembuh ini. Jadi, segala aspek tersebut tidak bisa disamakan.

Tanda Kutil Kelamin yang Akan Kambuh Setelah Sembuh

Beberapa individu mungkin khawatir tentang kemungkinan kutil kelamin kambuh di masa mendatang. Ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan kemungkinan kambuhnya kutil kelamin setelah penyembuhan seperti berikut ini:

  • Munculnya benjolan baru di area yang sebelumnya terinfeksi.
  • Tekstur kulit mengalami perubahan.
  • Gatal dan nyeri di area yang terinfeksi sebelumnya.
  • Perkembangan kutil di area yang berbeda.
  • Kekebalan tubuh menurun.

Penting untuk diingat bahwa kambuhnya kutil kelamin tidak selalu terjadi dan dapat bervariasi dari individu ke individu.

Nah, itulah tadi lima ciri-ciri kutil yang akan sembuh. Jika ada pertanyaan atau keluhan yang berkaitan dengan kondiloma akuminata, segera berkonsultasi dengan dokter di klinik spesialis, salah satunya ialah Klinik Apollo.

Sumber: Klinik Apollo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama