Klinik Apollo, Jakarta – Ketika penis mengalami gatal, tentu hal tersebut dapat menimbulkan rasa malu, bukan? Hal itu jelas terjadi karena ketidaknyamanan yang ditimbulkan.  Anda tidak perlu risau karena ada obat gatal di kemaluan pria yang mampu mengusir gangguan tersebut.

Sebelum memahami tentang obat yang dapat mengatasi gatal di kemaluan pria, penting untuk memahami beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicunya.

Penasaran dengan pembahasan dalam artikel ini? Tanpa menunggu lama, silakan baca penjelasan di bawah ini.

Apa yang Menyebabkan Gatal di Kemaluan Pria?

Gatal di Kemaluan Pria Bikin Malu? Obat Ini Solusinya!
Img: klinikapollojakarta.com
Penis yang tidak terawat dapat mengundang bakteri, jamur, atau mikroorganisme lain untuk menginfeksi alat vital tersebut sehingga menimbulkan rasa gatal yang berlebihan.

Terdapat beberapa penyakit akibat jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan gatal di penis. Berikut penyebabnya.

1. Balanitis

Balanitis merupakan peradangan yang terjadi di kulup atau kepala penis. Hal ini sering kali disebabkan oleh infeksi, iritasi, atau keduanya.

Gatal adalah salah satu gejala yang umum terjadi pada balanitis. Hal ini bisa sangat mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan pada pria yang mengalaminya.

Sensasi gatal dapat menjadi lebih buruk saat suhu meningkat. Misalnya, selama beraktivitas fisik atau saat keringat membasahi alat kelamin.

2. Uretritis

Peradangan uretra atau uretritis merupakan kondisi yang umum terjadi. Infeksi menular seksual, seperti infeksi klamidia atau gonore acap kali menyebabkan uretritis.

Selain nyeri atau keluarnya cairan nanah, bahkan dari penis, uretritis pun menimbulkan gatal di area kelamin pria.

3. Dermatitis kontak

Jangan sembarangan dalam menggunakan produk-produk, seperti kondom atau sabun karena beberapa di antaranya mengandung zat yang bisa mengiritasi kulit penis sehingga timbul sensasi gatal di bagian tersebut.

Gatal yang terjadi ketika seseorang mengalami dermatitis kontak di area kemaluan dapat sangat mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Penting untuk menghindari zat yang memicu iritasi atau alergi tersebut dan menjaga kebersihan yang baik.

Obat untuk Mengatasi Gatal di Kemaluan Pria

Rasa gatal bisa dirasakan oleh laki-laki dari segala usia. Ya, itu merupakan hal yang wajar. Namun, jangan menyepelekan gangguan ini sekecil apa pun.

Jika Anda mengalami gangguan seperti nyeri atau gatal akibat penyakit tertentu, segera periksakan diri ke dokter. Dokter dapat memberikan obat gatal untuk kemaluan pria.

Biasanya, obat berupa krim dengan kandungan tertentu, ampuh mengusir jamur atau mikroba lain dari tubuh Anda karena krim (salep) ini mengandung bahan antijamur yang dapat membantu mengurangi radang dan gatal di penis.

Selain mengobatinya dengan salep, Anda memerlukan tindakan pendukung, seperti menghindari aktivitas seksual secara sementara, memakai pakaian yang tidak ketat, keringkan penis setelah mandi, dan bersihkan dengan sabun yang aman.

Jika gatal di kemaluan pria tidak kunjung membaik atau terjadi gejala yang lebih parah setelah memakai obat, disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan yang berpengalaman, seperti yang ada di Klinik Apollo.

Sumber: Klinik Apollo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama