Klinik Apollo, Jakarta – Apakah Anda pernah mengalami keputihan dengan bau telur busuk? Jika pernah mengalami kondisi seperti itu, pertanda ada masalah tertentu yang berkaitan dengan kondisi kesehatan Anda.

Selain mengganggu, aroma dan perubahan pada keputihan dapat memunculkan penyakit atau gangguan medis lain. Oleh karena itu, dokter berperan sebagai pemberi solusi. Berkonsultasilah dengan dokter untuk masalah tersebut.

Penting untuk mengetahui pembahasan tentang keputihan bau telur busuk yang terdiri atas penyebab dan cara mengatasinya. Jadi, bacalah penjelasan berikut ini hingga selesai.

Penyebab Keputihan pada Miss V Bau seperti Telur Busuk

Cairan Keputihan Keluar dengan Bau seperti Telur Busuk, Ini Sebabnya!
Img: klinikapollojakarta.com
Cairan keputihan yang muncul dari vagina memiliki beragam variasi, mulai dari warna, aroma, hingga gejala, termasuk beraroma seperti telur busuk.

Hal ini biasanya terjadi karena beberapa variabel, seperti kebersihan yang kurang dijaga, douching, dan teman seksual yang berganti-ganti, yang meningkatkan risiko infeksi penyakit menular seksual.

Lantas kenapa keputihan pada miss V bisa bau seperti telur busuk? Berikut penyebab yang perlu Anda ketahui.

1. Vaginosis Bakterialis

Vaginosis bakterialis terjadi ketika terjadi ketidakseimbangan bakteri normal di dalam vagina. Biasanya, vagina memiliki sejumlah kecil bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan pH dan kebersihan vagina.

Dalam kasus vaginosis bakterialis, jumlah bakteri jenis tertentu, terutama Gardnerella vaginalis, meningkat secara tidak wajar. Bakteri tersebut memiliki kemampuan untuk menghasilkan senyawa yang disebut amin, terutama trimetilamina (TMA).

TMA memiliki aroma yang mirip dengan bau telur atau ikan yang busuk. Ketika jumlah bakteri Gardnerella vaginalis meningkat, produksi TMA juga meningkat sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap pada keputihan.

2. Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit yang menular melalui persanggamaan dengan orang yang terinfeksi. Penyakit ini muncul karena infeksi parasit Trichomonas vaginalis.

Trikomoniasis dapat menyebabkan peradangan vagina dan serviks, serta menghasilkan keputihan yang berbeda dari keputihan biasa.

Namun, keputihan yang terkait dengan trikomoniasis sering kali berwarna kekuningan atau hijau dengan tekstur busa dan bau yang lebih kuat.

3. Endometritis

Endometritis adalah peradangan pada lapisan dalam rahim (endometrium). Gejala umum endometritis meliputi keputihan yang berwarna kekuningan atau kehijauan, dengan bau yang mungkin lebih anyir.

Jika Anda mengalami keputihan abnormal, penting untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dari dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes yang sesuai dengan pasien.

Cara Mengatasi Keputihan yang Berbau Telur Busuk

Keputihan seperti telur berbau busuk harus diatasi dengan cara yang benar. Berbagai perawatan tersedia untuk penderita keputihan yang tidak normal seperti ini.

Anda dapat melakukan beberapa penanganan untuk mengatasi keputihan yang memiliki bau seperti telur busuk dengan cara berikut ini:

  • Rutin membersihkan miss V dengan air hangat dan sabun yang tidak kasar. Keduanya dapat mengurangi keputihan yang tidak diinginkan.
  • Tidak menggunakan sabun yang berbahan keras atau berbahan pengharum karena dapat menimbulkan iritasi di vagina.
  • Pakaian katun dan longgar bisa menjadi pilihan agar udara masuk sehingga alat genital mendapatkan pernapasan dengan baik.
  • Bakteri memerlukan keseimbangan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dapat menyeimbangkan bakteri dalam tubuh.
  • Jangan membersihkan bagian dalam vagina dengan air ataupun cairan tertentu karena dapat memicu infeksi pada vagina.

Dengan menerapkan lima tips di atas, keputihan yang mengganggu dengan segala kondisi yang ada dapat sembuh. Itulah penjelasan mengenai keputihan bau telur busuk.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. terakhir, jika keluar cairan dengan tekstur, warna, bau, serta gatal, segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan medis selain penanganan mandiri.

Sumber: Klinik Apollo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama