Klinik Apollo, Jakarta – Anda harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi jika mengalami infeksi saluran kemih. Ada beberapa produk yang menjadi pantangan infeksi saluran kemih dan Anda harus menghindarinya.

Karena kalau tidak, Anda berkemungkinan terkena infeksi lanjutan. Infeksi ini akan mendatangkan serangkaian komplikasi yang tidak terduga.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai pantangan infeksi saluran kemih serta informasi pendukung lainnya. Tanpa berlama-lama, simak pembahasan berikut ini!

Pengertian Infeksi Saluran Kemih

Pantangan Penderita Infeksi Saluran Kemih, Hindari Makanan dan Minuman Ini!
Img: klinikapollojakarta.com
Infeksi saluran kemih (ISK) adalah istilah yang merujuk pada kondisi yang menginfeksi salah satu bagian saluran kemih, yang meliputi kandung kemih, uretra, ureter, atau ginjal.

Infeksi saluran kemih biasanya terjadi pada wanita. ketika bakteri dari lingkungan luar, seperti Escherichia coli (E. coli) masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra, infeksi di saluran kemih pun terjadi.

Uretra wanita yang lebih pendek daripada pria dan dekat dengan anus membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

Sementara itu,  infeksi saluran kemih pada pria sering kali berkaitan dengan masalah kesehatan lain. Misalnya, pembengkakan prostat (prostatitis).

Infeksi saluran kemih menimbulkan gejala yang bervariasi terhadap pria dan wanita yang terinfeksi bakteri.

Setidaknya ada gejala-gejala berbeda yang muncul pada setiap penderita, di antaranya hasrat buang air kecil muncul secara tiba-tiba, sering membuang kemih, tampak urine yang keruh saat kencing, perih saat berhubungan intim, dan lain sebagainya.

Infeksi saluran kemih berbahaya karena aliran darah dan ginjal akan terganggu, bahkan rusak oleh infeksi. Hal tersebut dapat terjadi apabila pengidap tidak mengobati ISK.

Obat yang berupa antibiotik serta air putih dapat membantu memulihkan kesehatan fisik penderita.

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Penderita Infeksi Saluran Kemih

Pantangan adalah suatu hal yang dilarang dalam aspek apa pun demi kemaslahatan. Dalam hal ini, pantangan penyakit, segala aspek yang berupa makanan dan minuman dengan kandungan tertentu.

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan infeksi saluran kemih.

  • Teh hitam: Teh hitam adalah minuman yang mengandung kafein. Minuman tersebut dapat mengiritasi saluran kemih dan membuat gejala infeksi menjadi semakin parah. Kafein juga bersifat diuretik, dapat meningkatkan produksi kemih dan membuat saluran kencing lebih mudah teriritasi.
  • Minuman berkarbonasi: Ada beberapa minuman soda yang mengandung kafein atau bahan kimia tambahan lainnya yang mampu memperburuk ISK. Selain itu, gas dalam minuman berkarbonasi bisa menimbulkan kembung atau ketidaknyamanan  di perut.
  • Minuman buah: Minuman buah dalam kemasan botol atau kaleng sering mengandung gula tambahan yang berlebih. Kandungan gula dalam minuman buah dapat memperburuk infeksi saluran kemih. Hal itu sama saja dengan memberi makan bakteri penyebab infeksi.
  • Makanan asam: Makanan yang kaya akan asam, seperti tomat, jeruk, nanas, dan buah-buahan asam lainnya dapat memperburuk efek ISK dan menyebabkan iritasi di saluran kemih.
  • Makanan berlemak tinggi: Makanan yang tinggi akan lemak, antara lain daging, produk susu, dan gorengan sangat berpengaruh pada penyembuhan dan membuat penderita lebih sulit untuk sembuh. Pilihlah sumber protein yang lebih rendah lemak, seperti ayam tanpa kulit, ikan, atau tahu.
  • Makanan cepat saji: Banyak makanan cepat saji yang mengandung banyak garam, bahan pengawet, dan bahan kimia lainnya. Mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih atau memperburuk gangguan medis yang ada.

Jika mengalami infeksi saluran kemih, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah berobat kepada dokter.

Sembari penyembuhan, konsumsilah makanan dan minuman yang tidak memperparah infeksi saluran kemih.

Lakukan pemeriksaan rutin untuk mengidentifikasi bakteri atau pemicu infeksi saluran kemih secara bertahap.

Demikian informasi mengenai pantangan infeksi saluran kemih. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Sumber: Klinik Apollo 09/08/2023

https://www.tumblr.com/klinikapollojakarta/725141982218010624/tidak-nyaman-inilah-5-penyebab-kencing-darah-pada
https://sites.google.com/view/kencing-darah-pada-wanita/
https://bitbin.it/PFeN92EG/
https://folkd.com/detail/https%3A%2F%2Fblog.klinikapollojakarta.com%2Ftidak-nyaman-inilah-penyebab-kencing-darah-pada-wanita
http://images.google.co.uz/url?q=https://blog.klinikapollojakarta.com/tidak-nyaman-inilah-penyebab-kencing-darah-pada-wanita/
http://images.google.co.ve/url?q=https://blog.klinikapollojakarta.com/tidak-nyaman-inilah-penyebab-kencing-darah-pada-wanita/
https://www.vingle.net/posts/6612336
https://trello.com/w/caramenghilangkanbaupadamissvsolusitepatdanaman
https://bitbin.it/Bf9mNKk0/
https://folkd.com/detail/https%3A%2F%2Fblog.klinikapollojakarta.com%2Fcara-menghilangkan-bau-pada-miss-v-solusi-tepat-dan-aman
http://images.google.co.vi/url?q=https://blog.klinikapollojakarta.com/cara-menghilangkan-bau-pada-miss-v-solusi-tepat-dan-aman/
http://images.google.co.za/url?q=https://blog.klinikapollojakarta.com/cara-menghilangkan-bau-pada-miss-v-solusi-tepat-dan-aman/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama