Klinik Apollo, Jakarta – Pengobatan medis merupakan langkah yang penting bagi pengidap sipilis. Pola makan serta gaya hidup yang sehat pun diperlukan untuk mempercepat penyembuhan.

Namun, ada beberapa pantangan makanan pengidap sipilis yang sebaiknya dihindari. Beberapa kandungan dalam makanan memang bermanfaat, tetapi ada beberapa di antaranya yang tidak baik bagi kesembuhan penderita sipilis.

Lantas apa sajakah pantangan makanan untuk pengidap sipilis? Berikut pembahasannya, simak!

Konsultasi online gratis: https://bit.ly/3Y112N5

Apa Itu Penyakit Sipilis?

Pantangan Makanan untuk Pengidap Sipilis, Jangan Konsumsi!
Img: klinikapollojakarta.com
Sipilis atau sifilis adalah penyakit menular seksual yang memperluas infeksi melalui kontak langsung dengan lecet yang terbuka.

Sentuhan yang dapat menularkan bakteri Treponema pallidum ini bisa terjadi saat berhubungan seksual maupun bibir, mulut, atau alat pengembangbiakan.

Sipilis dapat berkembang ke beberapa tahap sifilis yang berbeda dengan segala gejala yang bervariasi pula.

Tahap awal ditandai dengan munculnya satu atau beberapa chancre (luka tanpa kulit penutup) di area yang terinfeksi.

Tahap berikutnya, yaitu sekunder, memiliki tanda berupa bintik-bintik yang menyebar ke berbagai bagian tubuh. Telapak tangan dan kaki merupakan lokasi yang sering dihinggapi ruam ini.

Tingkatan ketiga, yaitu sipilis laten, tidak menunjukkan gejala yang benar-benar terasa oleh penderita. Namun, bakteri tetap ada dalam tubuh, menyebarkan infeksi setelah 12 bulan terinfeksi, dan berkembang menjadi tahap lanjutan.

Tahap terakhir yang menjadi jenis paling mengerikan di antara keempat golongan, yakni tersier. Sifilis tersier muncul ketika tidak ada pengobatan sama sekali.

Tahap ini dapat merusak kulit, pembuluh darah, jantung, dan otak.

Kapan Berobat ke Dokter Spesialis?

Gejala sipilis memang bervariasi dan itu sangatlah berbahaya. Segera berobat ke dokter spesialis yang menangani pasien penyakit menular seksual apabila memiliki tanda dan gejala seperti di bawah ini:

  • Kulit mengelupas atau terbentuknya luka terbuka.
  • Bintil-bintil kemerahan muncul di seluruh bagian tubuh.
  • Penderita mencurigai ketidakberesan di bagian jantung, otak, sendi, dan pembuluh darah.

Dokter dapat memberikan obat-obatan setelah melakukan pemeriksaan dengan diagnosis sebagai metode pengujian.

Umumnya, dokter memberikan obat antibiotik berkategori tertentu sebagai penyembuh. Empat belas hari menjadi waktu yang ideal terkait penyembuhan setelah melakukan pengobatan sipilis tahap pertama dan kedua.

Namun, untuk ibu hamil, terapi akan berlangsung lebih lama. Pasien harus menghindari hubungan seksual yang berisiko dan mengubah pola makan serta kebiasaan. Kebiasaan ini termasuk menghindari pantangan makanan penyakit sipilis.

5 Pantangan Makanan Sipilis yang Harus Dihindari


Penting untuk mengetahui bahwa tubuh manusia membutuhkan nutrisi, terlebih saat mengalami penyakit.

Selain pengisi perut, makanan bermanfaat untuk mendorong penyembuhan agar lebih optimal.

Akan tetapi, ada juga makanan yang harus dihindari oleh penderita sipilis karena kandungan dari beberapa makanan itu yang dapat menghambat penyembuhan.

Berikut adalah lima pantangan makanan untuk penderita sipilis (sifilis) yang harus diketahui:

1. Telur

Telur merupakan makanan pertama yang menjadi pantangan sipilis. Beberapa jenis telur, seperti telur ayam, bebek, angsa, dan lain sebagainya perlu dihindari.

Hal ini karena telur memiliki kandungan yang menimbulkan penyakit. Misalnya, alergi, gatal-gatal, dan dapat memperparah penyakit raja singa.

2. Buah kalengan

Buah kalengan dalam sirup sering mengandung jumlah gula tambahan yang tinggi. Gula berlebihan dapat mempengaruhi gula darah dan sistem kekebalan tubuh.

3. Daging asap

Daging asap mengandung lemak jenuh dan bahan tambahan yang tidak sehat. Jadi, penderita harus menghindari makanan ini sebisa mungkin.

4. Minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, rendah akan nutrisi, dan tidak memberikan manfaat bagi kesehatan secara signifikan.

5. Ikan

Ikan mengandung protein yang tinggi. Protein yang berlebihan kurang baik untuk kesehatan pengidap sipilis karena dapat membuat penyembuhan semakin lama.

Ingatlah bahwa makanan atau minuman yang dipantang ini hanya menjaga kondisi agar tetap stabil.

Sebaiknya, penderita tetap melakukan pemeriksaan yang rutin untuk melihat perkembangan terhadap diri sendiri. Nah, itulah lima pantangan makanan sipilis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber: Klinik Apollo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama