Klinik Apollo, Jakarta – Pembahasan mengenai penyakit menular seksual masih menjadi hal tabu hingga kini, salah satunya gonore.

Tentu timbul pertanyaan dari penderita, yakni apakah gonore bisa sembuh sendiri? Itu wajar karena penyakit tersebut sangatlah mengganggu.

Infeksi yang ditularkan oleh bakteri Neisseria gonorhoeae ini bisa menimbulkan kencing nanah. Biasanya, pengidap juga akan disertai sensasi nyeri dan perih pada saat berkemih.

Parahnya, segala bagian tubuh, mata, tenggorokan, usus besar, sendi bisa terinfeksi. Akan tetapi, saluran kemih adalah organ yang paling sering terjajah oleh gonore.

Ini akan membahayakan penderita karena dapat menyebabkan kemandulan. Komplikasi tersebut terjadi jika infeksi tidak disembuhkan.

Konsultasi online gratis: https://bit.ly/3Y112N5

Bisakah Gonore Sembuh Sendiri Tanpa Perawatan Medis?

Sebabkan Kemandulan, Apakah Gonore Bisa Sembuh Sendiri?
Img: klinikapollojakarta.com
Orang-orang di seluruh dunia tentu memiliki kebutuhan termasuk kebutuhan biologis yang dimanifestasikan dalam bentuk hubungan seksual.

Namun, setiap tindakan yang dilakukan memiliki risiko masing-masing. Seperti halnya berhubungan seksual, gonore dapat menginfeksi para pelaku yang bersanggama melalui vaginal, oral, maupun anal.

Begitu pun pada bayi yang tertular dari ibunya. Oleh karena itu, berhati-hatilah setiap melakukan hubungan intim, apalagi aktivitas yang mengikutsertakan orang banyak.

Artinya, sering melakukan sanggama dengan orang yang berbeda-beda. Tentu, ini sangatlah berisiko bagi mereka.

Jika Neisseria gonorrhoeae sudah menginfeksi, berbagai gejala akan muncul. Namun, ada sedikit perbedaan antara pria dengan wanita.

Pada pria, gejalanya tampak saat kencing, yakni keluar cairan nanah. Ini bisa dikatakan sangat jelas dan unik. Berbeda dengan wanita, gejala dari kaum Hawa memang kurang jelas sehingga membuat infeksi tidak terdeteksi.

Meskipun sama-sama mendatangkan nyeri saat kencing, tanda yang timbul pada wanita adalah sebagai berikut:

  • Keputihan
  • Keluar darah dari alat kemaluan setelah berhubungan seksual
  • Nyeri di perut

Sementara pria bisa merasakan tanda yang signifikan:

  • Keluar nanah dari glans penis
  • Buah pelir bengkak

Hubungi dokter yang terpercaya apabila Anda merasakan gejala baik salah satu atau lebih. Gonore tidak bisa sembuh sendiri.

Penyakit tersebut perlu perawatan medis yang tepat. Dokter dapat memberikan antibiotik untuk menghilangkan gejala dan bakterinya.

Namun, durasi pengobatan tergantung tahapannya, parah atau tidak. Lagipun, penanganan sangatlah penting bagi pasien karena masalah serius bisa muncul dan mempersulit kehidupan penderita.

Sumber: Klinik Apollo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama