Klinik Apollo, Jakarta – Bagaimana cara penularan gonore? Memahami hal tersebut sangat penting untuk melakukan pencegahan apabila mengalaminya.

Sebab, patogen bisa menyebar dari orang ke orang dengan berbagai perantara.

Oleh karena itu, berikut adalah informasi mengenai dua cara penularan gonore, mulai dari hubungan intim hingga wanita hamil yang berisiko terhadap buah hati. Berikut pembahasannya!

Konsultasi online gratis: https://bit.ly/3Y112N5

Berikut Cara Penularan Penyakit Gonore

Cara Penularan Gonore: Berhubungan Seksual hingga Ibu Hamil
Img: klinikapollojakarta.com
Gonore atau penyakit kencing nanah merupakan momok yang menakutkan bagi masyarakat karena infeksi tersebut dapat menyebar antarindividu.

Sebagaimana penyakit menular seksual lainnya, gonore memiliki penyebab yang disebut Neisseria gonorrhoeae.

Bakteri tersebut mudah menanam benih-benih penyakit kepada laki-laki dan perempuan yang aktif secara seksual, terutama yang berusia muda.

Hal tersebut termasuk faktor risiko gonore yang sangat umum untuk diketahui. Lantas seperti apa cara penularan gonore? Berikut penjelasannya.

1. Hubungan Seksual yang Berisiko

Berhubungan intim jelas menjadi cara utama bagi gonore untuk penularan pada manusia. Hubungan seksual yang tidak aman jelas menjadi problem bagi setiap orang, tetapi tidak untuk Neisseria gonorhoeae.

Melalui vaginal, oral, maupun anal, mikroorganisme tersebut bisa sangat gencar dalam menyebarluaskan infeksi.

Misalnya, ketika bersentuhan antara penis dengan vagina yang terinfeksi atau sebaliknya, bakteri akan menyebar melalui cairan mani atau vagina itu sendiri.

Akibat dari persenggamaan yang sembarang ini, rektum, tenggorokan, atau alat kemaluan terinfeksi.

2. Wanita Hamil kepada Bayi

Wanita yang memasuki masa kehamilan dengan infeksi gonore dalam tubuhnya, dapat mengundang malapetaka bagi buah hatinya saat melahirkan.

Penularan dari wanita hamil kepada bayi ini terjadi pada saat proses bersalin. Kontak langsung antara bayi dan cairan atau sekresi yang terinfeksi seperti cairan vagina ibu dapat menularkan gonorrhea pada bayi.

Bayi yang terkena dampak dari gonore dapat mengalami kebutaan (konjungtivitis) apabila cairan infeksi mengenai matanya.

Apakah Ciuman Termasuk Penularan Gonore?

Penyakit gonore tidak bisa menular lewat ciuman karena bakteri tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia. Gonore memang bisa berada di mulut manusia.

Akan tetapi, penyebaran infeksinya tidak berlaku pada saat berciuman dengan penderita.

Selain bercumbu, gonore juga tidak menular saat berpelukan, berenang bersama dengan pengidap, mandi bersama, duduk di toilet, menggunakan peralatan makan, dan memakai satu handuk yang sama dengan pengidap.

Itulah beberapa cara penularan gonore. Jika Anda adalah orang yang sangat masif dalam hubungan secara seksual atau seorang wanita yang hamil, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemindaian bakteri atau pengobatan.

Sumber: Klinik Apollo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama